Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kedudukan Bumi Kita Yang Sangat Seimbang

Hingga abad ke-16, sekitar 500 tahun yang lalu, meskipun beberapa orang Yunani telah memiliki gagasan mengenai hal ini, pada umumnya orang belum tahu kalau bumi adalah planet. Pengamatan di masa itu membantu orang untuk mengetahuinya. Pada abad ke-20, manusia meyakini tentang lokasi bumi di Tata Surya. Bumi adalah planet ketiga dari matahari, dan planet terbesar kelima. Para Ilmuwan percaya bahwa Bumi memiliki inti besi dengan suhu 7,500oC (13,500oF). Suhu ini bahkan lebih panas daripada permukaan matahari. Kerak bumi melindungi kita dari panas itu. Allah sangat sayang pada kita karena Allah telah menciptakan kerak bumi yang cukup tebal untuk menjaga kita dari panas bumi secara langsung. Selain itu, Allah telah menciptakan atmosfer yang nyaman bagi kita. Allah juga memberikan kemampuan tumbuh-tumbuhan untuk memelihara keseimbangan oksigen dan karbon dioksida.

Kedudukan Bumi Kita Yang Sangat Seimbang

Struktur bumi dan kesetimbangan sempurna yang ada padanya membuktikan bahwa bumi ini dirancang secara khusus bagi manusia untuk hidup. Dari atmosfer hingga geografisnya, dari jarak terhadap matahari hingga segala bentuk keseimbangan yang ada, bumi adalah planet khusus yang diciptakan untuk mendukung kehidupan. Ayo kita bandingkan bumi kita dengan akuarium. Akuarium menyediakan kondisi yang sesuai bagi ikan-ikan. Ada pengatur panas untuk menjaga suhu air, ada motor sirkulasi udara, dan pasir-pasir yang ditempatkan di dasarnya. Terdapat butiran khusus yang diletakkan dalam air, terdapat tutup pelindung akuarium, sistem penyaringan yang terus-menerus menyaring air, dan pemberian makan yang teratur, Semuanya ini mendukung kehidupan ikan di dalam akuarium.

Meskipun demikian, ikan di akuarium itu tidak menyadari keberadaan lingkungan buatan ini. Mereka merasa hidup secara “alami” atau dalam lingkungan yang ada secara tiba-tiba. Mereka tidak menyadari bahwa seseorang telah menyediakan pengatur panas dan menyetel air atau memfungsikan motor ventilasi di dalam air. Mereka juga tidak tahu siapa yang menyediakan makanan yang secara tiba-tiba ada di permukaan air. Meski demikian, sumbernya jelas, pemilik aquarium menyediakan segala sesuatu yang diperlukan oleh ikan. Hidup di bumi memerlukan sistem yang lebih rumit daripada kehidupan di dalam sebuah akuarium.

Manusia yang bijaksana tidak menghabiskan hidupnya tanpa kepedulian seperti halnya ikan dalam akuarium. Ia memahami bahwa bumi telah diciptakan baginya dan bumi memiliki Pencipta dan Pengatur. Pastilah Allah telah mengatur kesetimbangan yang sempurna ini dan mengaturnya hingga bumi bisa menjadi tempat bagi kehidupan. Manusia yang cerdas tentu ingin mengetahui Tuhan yang telah memberikan segala keberkahan hidup kepadanya dan mempelajari apa yang Allah inginkan darinya. Dalam Kitab yang Allah turunkan pada kita, Allah memberikan kita kesempatan untuk mengenalnya sekaligus mengetahui harapan-Nya pada kita. Allah membuat keseimbangan sempurna dan aturan yang membuat hidup di atas bumi menjadi mungkin. Allah berfirman dalam Alqur’an:

Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh, supaya bumi itu tidak goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan pula di bumi itu jalan-jalan yang luas agar mereka mendapat petunjuk. Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara (Surat al-Anbiya': 31-32)

Allah merancang, menyeimbangkan, dan menyelaraskan setiap yang ada di bumi agar kita dapat hidup. Seseorang yang menyadari hal ini seharusnya percaya kepada Allah, menyadari kekuatan-Nya yang tak terbatas, dan mensyukuri segala hal yang telah Allah berikan kepadanya. Sekarang, mari kita amati beberapa kesetimbangan yang telah Allah tetapkan pada planet kita dan menyaksikan Kekuasaan-Nya yang tak terbatas. Wallahu a'lam bishshawabi. "Dikutip dari berbagai sumber"

38 komentar untuk "Kedudukan Bumi Kita Yang Sangat Seimbang"

  1. Allah telah merancang bumi ini agar menjadi tempat yang nyaman bagi setiap makhluk hidup ciptaannya. Tentu karena kasih sayang Nya lah setiap detail kesetmbangan bumi ini di hadirkan Nya, Sungguh Maha kuasa Allah atas segala sesuatu yang ia ciptakan

    Kadang demi kepentingan pribadi banyak lupa dg kesetmbangsn ini, hingga terjadilak kerusakan di bumi ini, Lembah di uruk dan gunung di keruk
    astaghfirullahl azhiim

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya bisa berkomentar yg baik juga ya

      Hapus
    2. alhamdulilillah, berapa beruntungnya makhluk dan semua isinya

      Hapus
  2. Jika anda menganggap saya Ustadz itu penilaian yg keliru,

    kepemilikan ALLAH apa apa yg di langit serta apa yang ada di bumi, jelaslah sudah bahwa ALLOH itu MAHA KAYA,

    Kendati demikian masih saja ada sekelompok orang yang mencari dan meminta kekayaan selain Dia ..inikan lucu.. !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas trik, kita memang sebaiknya memintalah kepada sang pemilik semesta ini, dengan sering sholat wajib dan sunat tentunya yah biar doanya cepat diijabah :)

      Hapus
    2. Bumi berputar pada porosnya sehingga terjadi pergantian waktu siang dan malam, jika di amati bumi ini menggemakan suara adzan 24 jam non stop, suara adzan tersebut bersautan silih berganti terus tanpa henti di seluruh belahan dunia , apakah kamu tahu akan hal itu! !!!m

      Hapus
    3. benar sekali mas trik dan mas hendri, sungguh maha besar Allah :D

      Hapus
  3. subhanallah ya mas kita telah diberikan tempat yang sempurna ini, mungkin tugas kita salahsatunya adalah menjaga alam dan lingkungan :)

    BalasHapus
  4. Bumi juga memiliki umur,
    Memiliki pusar.. .

    Apakan kamu tahu akan hal itu.. ?

    BalasHapus
  5. Bumi kita memang sangat luar biasa, kokoh tegap berada pada tempatnya, lalu bagaimana dengan fenomena bumi datar bang.. apa ada kabar lebih lanjut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita tunggu jawabannya sambil ngopi

      Hapus
    2. penasan juga saya dgn kbr bumi datar.

      Hapus
    3. Kalo yang saya tahu dari beberapa kajian agama dari tv maupun youtube, ada banyak dalil yg menjelaskan bahwa bumi itu bulat walaupun tidak bulat sempurna. Wallahua'lam

      Hapus
    4. kita berpedoman pada alquran dan hadis mang dzatmico, kalo masalah itu memang banyakj ilmuan yang menerangkan :D wallahuaklambisshawab, "D

      Hapus
  6. saat ini bumi kita semakin tidak teratur aja ya mas, :D

    BalasHapus
  7. sungguh besar kekuasaan tuhan yg telah menciptakan apa yg dimauinya ya mas.
    termasuk bumi yg sangat seimbang dilihat dari berbagai sudut pandang,dibanding dengan planet lain

    BalasHapus
  8. Pada intinya, alam atau khususnya bumi ini diciptakan bukan dengan goyunan. Tuhan tlah merancang semuanya dengan sempurna. Manusia hanya disuruh berpikir, bahwa Sang Pencipta itu ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mang, semua itu hanya ada pada kehendak tuhan :D

      Hapus
  9. Alam semesta termasuk bumi di dalamnya diciptakan Allah dengan presisi yang sempurna. Pasti masih banyak rahasia alam semesta yang sampai sekarang belum terjangkau akal manusia.

    BalasHapus
  10. itulah betapa hebatnyaa dunia ini bisa menampung sebegitu besar isinya ini

    BalasHapus
  11. Allah maha besar menciptakan alam seisinya, dengan demikian kita wajib mensyukurynya, ya, mas.

    BalasHapus
  12. Bumi ini memang spesial, itlah mengapa sampe detik ini blm bs ditemukan pengganti Bumi. meskipun para ilmuwan dan astronom telah menemukan byk planet2 baru, tp tdk ada yg seperti Bumi. Allah Maha Besar. Semoga manusia sadar dan lbh mencintai Bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mb mang, memang begitu besar keagungan tuhan :D

      Hapus
  13. subhanalloh emang bener banget Alloh yang mengatur segalanya dengan sangat sempurna.
    harusnya kita teh makin cinta sama yg mengatur semua ini ya kang

    BalasHapus
  14. subhanallah, sungguh maha besar Allah yang telah mengatur atas semuanya

    BalasHapus
  15. harus banyak bersyukur dan bersujud kepada Nya

    BalasHapus
  16. Subhanalloh, sungguh besar kuasaNYA dan tidak ada yg bisa menandinginya. Tetap bersyukur, bersujud dan menjaga segala milikNYA. Kita dibumi ini ibaratnya hanya ngontrak saja ya mas, dan akan kembali kepadaNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas baru sempat berkunjung lagi, soalnya sibuk banget nih sama pekerjaan hehehe

      Hapus
    2. ya lah tau bulan madu kan hahaha

      Hapus

Berlangganan via Email