Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan SSD dan HDD?


Seiring berjalannya waktu, pabrik - pabrik elektronik kini makin gencar untuk membuat inovasi - inovasi baru untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain yang cukup cepat perkembangannya.

Salah satu inovasi baru yang sekarang ini sudah mulai banyak digunakan adalah media penyimpanan berbasis SSD (Solid State Drive). Walaupun mayoritas para pengguna komputer maupun laptop masih menggunakan HDD, akantetapi tidak menutup kemungkinan media penyimpanan pada perangkat - perangkat tersebut akan beralih ke SSD.

Mungkin karena faktor harga yang lumayan mahal untuk media penyimpanan SSD yang menjadikan para pengguna masih menggunakan HDD. Jikalau tidak bisa membeli HDD baru, kita juga masih bisa membeli HDD bekas dengan harga yang murah. Harga HDD bekas hanya berkisa 100 ribuan saja.

Bagi saya yang masih termasuk golongan menengah kebawah lebih memilih hardisk bekas ketimbang beli baru dengan harga yang mahal. Kalau punya uang pas - pasan kan mending buat bayar sekolah dan kebutuhan sehari hari. ngapain buat beli hardisk mahal - mahal. Ini pendapat pribadi ya... nggak perlu dijadikan rujukan.


Apa Yang Dimaksud Dengan SSD?


Solid State Drive Atau yang biasa disingkat SSD secara garis besar adalah media penyimpanan berbasis sirkuit yang disusun diatas beberapa chip memori yang saling terintegrasi dan tanpa menggunakan piringan cakram.

SSD ini jika dibandingkan dengan HDD jelas SSD lebih kuat dan aman. Karena SSD arsitekturnya dibuat agar lebih tahan goncangan dan benturan sehingga kita tidak terlalu khawatir jika dibawa bepergian. SSD juga memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan HDD. Untuk lebih jelasnya silahkan baca perbedaan SSD dan HDD dibawah ini.


Perbedaan SSD dan HDD


1. Perbedaan Dari Segi Cara Kerjanya


Perbedaan yang paling mendasar antara SSD dan HDD adalah dari cara kerjanya. Untuk cara keja HDD sendiri memanfaatkan perpaduan antara sistem mekanik & elektrik sebagai komponen untuk menunjang performanya. Sedangkan SSD lebih mengarah ke arah sistem full-elektrik tanpa adanya komponen yang bergerak pada saat proses penulisan maupun saat pembacaan data.

Bisa diibaratkan cara kerja SSD ini mirip dengan RAM, microSD, ataupun USB Flashdisk. Sedangkan untuk cara kerja HDD bisa diibaratkan dengan FloppyDisk.


2. Perbedaan Dari Segi Kecepatan


Kalau berbicara tentang kecepatan baca atau tulis data memang SSD jauh lebih unggul, bahkan kecepatan baca tulis datanya bisa lebih cepat delapan kali lipat dari HDD. Keunggulan dari segi kecepatan inilah yang menjadikan SSD lebih diminati walaupun harganya mahal dan mulai menggusur HDD yang sekarang ini masih banyak digunakan.


3. Perbedaan Dari Segi Ukuran dan Bentuk 


Perbedaan ini bisa anda lihat sendiri dengan kasat mata. SSD memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringkas daripada HDD yang memiliki ukuran dan dimensi yang lumayan besar. SSD bisa menjadi solusi bagi anda yang menginginkan media penyimpanan yang berkualitas, minimalis, cepat, dan lebih awet.


4. Perbedaan Dari Segi Komponen


Komponen yang digunakan Solid State Drive hanyalah berupa Micro Chip, IC, serta sejumlah komponen elektronik lainnya seperti kapasitor dan lain - lain. Sedangkan Hardisk memiliki komponen yang terdiri dari motor penggerak dan piringan cakram yang akan berputar ketika digunakan.


5. Perbedaan Dari Segi Fragmentasi


Fragmentasi adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut sebuah ruang kosong di dalam media penyimpanan yang diakibatkan oleh penghapusan atau perubahan suatu data. Pada saat proses pengisian file pada hardisk awalnya akan tersusun dengan rapi dan saling berurutan, akantetapi seiring dengan berjalannya waktu dan adanya perubahan perubahan file maka akan membuat susunan file jadi berantakan.

Karena susunan file banyak yang berantakan dan kurangnya pengguna untuk merawat hardisknya seperti mendefrag hardisk tersebut, maka hal tersebut bisa mengakibatkan menurunnya kinerja hardisk. hal tersebut tidak terjadi jika anda menggunakan Solid State Drive (SSD). Karena pada SSD seluruh datanya sudah disimpan ke dalam Chip Flash.


6. Perbedaan Dari Segi Harga


SSD ini masih tergolong baru, jadi harganya pun lebih baru lagi. Hehehe maksudnya harga SSD ini jauh lebih mahal dibandingkan harga HDD. Perbedaan harga ini memang sangat jauh, anda bisa mengeceknya sendiri di marketplace - marketplace online untuk melihat - lihat harganya.


7. Perbedaan Dari Segi Efek Yang Ditimbulkan


Perbedaan dari segi teknologi SSD dan HDD ini jelas berbeda. Maka efek yang ditimbulkan pun berbeda. Bagi anda yang sering menggunakan HDD mungkin sudah sering mendengar suara berisik yang dihasilkan dari komponen - komponen mekanik. Sementara itu pada laptop yang sudah menggunakan teknologi SSD, suara yang ditimbulkan akan jauh lebih halus dan pelan. SSD ini juga tidak mudah panas, karena tidak ada komponen yang bergerak dengan cepat seperti HDD.


Kesimpulan Tentang Perbedaan SSD dan HDD


Mari kita simpulkan. Penggunaan SSD memang jauh lebih baik dan lebih direkomendasikan bagi anda yang mempunyai data - data yang penting dan menginginkan kecepatan tulis baca yang bagus, tidak berisik, ketahanan media penyimpanan yang baik. Oh ya, SSd ini juga direkomendasikan untuk anda yang punya banyak duit.

Lagi - lagi masalah uang yang menjadi kendala bagi saya dan mungkin para pengguna lain yang tidak mempunyai dompet yang tebal. Saran saya, gunakan segala sesuatu sesuai kebutuhan saja, tidak perlu berlebihan. Jadi nggak menguras dompet dan pikiran kita. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan SSD dan HDD?"

Berlangganan via Email