Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Mematikan Komputer Tanpa di Shutdown


Setiap fitur yang ada atau navigasi pada OS (Operating System) pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Diantaranya adalah tombol Sleep, Shutdown, dan Restart. Adanya tombol - tombol tersebut seharusnya dapat membantu kita untuk mempermudah melakukan suatu perintah.

Seperti halnya tombol Shutdown yang ada pada sistem operasi pada komputer yang digunakan untuk mematikan komputer dengan mudah dan aman. Tidak jarang juga orang yang mengabaikan fungsi dari tombol shutdown ini. Mereka malah lebih memilih menggunakan tombol power pada casing komputer atau malah mematikan aliran listriknya secara paksa. Kebangetan ini mah. Hehehee.

Apakah akibat yang akan ditimbulkan jika pengguna komputer tidak mematikan komputernya melalui tombol shutdown dan malah memilih cara yang ekstrim? Berikut penjelasannya, simaklah baik - baik.


Resiko Yang Dialami Jika Mematikan Komputer Tanpa di Shutdown


1. Bisa Menyebabkan Power Supply Bermasalah


Pada saat melakukan proses shutdown, maka processor memberikan perintah kepada BIOS untuk menghentikan segala aktifitas pada hardware komputer, terutama pada power supply (PSU) sehingga daya yang dialirkan akan diputus secara normal.

Berbeda cerita jika anda mematikan komputer secara paksa (tidak melakukan proses shutdown), maka arus akan diputus secara mendadak dan beresiko besar dapat menimbulkan masalah.


2. RAM Juga Akan Beresiko Rusak  


Pada saat komputer anda dimatikan melalui proses shutdown, maka System Memory dikosongkan, sehingga memory bisa bekerja dalam keadaan yang benar - benar fresh ketika dipakai lagi.

Pengosongan memory tidak terjadi apabila anda mematikan komputer dengan cara paksa, karena masih ada program yang berjalan dan hal itu juga melibatkan memory.


3. Dapat Memicu Kerusakan Pada Processor


Pada saat komputer dimatikan, maka beban yang dialami heatsink akan lebih tinggi dari biasanya untuk dapat mendinginkan processor. Jika komputer anda dimatikan secara paksa, maka proses pendinginan pada processor tidak akan optimal. Bukan hal yang mustahil jika hal ini sering terjadi, maka akan berakibat fatal atau terjadi kerusakan pada processor.


4. Hardisk Kemungkinan Besar Akan Mengalami Bad Sector


Ketika anda melakukan proses shutdown normal, maka komputer akan menyimpan semua aktivitas yang dijalankan pada hardisk. Akantetapi jika anda mematikan komputer anda secara paksa, hal ini akan membahayakan kesehatan dan umur hardisk anda. Kenapa hal tersebut bisa berbahaya?

Coba saja anda bayangkan ketika hardisk anda sedang melakukan proses atau aktivitas dan anda secara tiba - tiba mematikannya secara paksa, maka piringan pada hardisk yang sedang berputar dengan cepat akan berhenti secara mendadak. Hal tersebut bisa menyebabkan hardisk lebih cepat mengalami bad sector.


5. Registry Menjadi Berantakan


Ketika anda melakukan proses shutdown pada komputer, maka komputer akan meregistrasi ulang komponen - komponen yang digunakan dan software - software serta data yang dipakai. Apabila tidak, maka tidak akan tersimpan di registry.

Nah, akhirnya anda tahu kan.. resiko yang akan dialami jika mematikan komputer secara paksa atau tidak melalui proses shutdown. Apabila anda mematikan paksa hanya sekali duakali, mungkin tidak terjadi apa - apa. Namun, jangan sampai anda mematikan komputer secara paksa berulang kali, karena bisa menyebabkan dampak buruk pada komputer seperti yang saya jelaska diatas. Semoga artikel : Bahaya Mematikan Komputer Tanpa di Shutdown bisa bermanfaat bagi pembacanya. Share artikel ini dan bacalah artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Bahaya Mematikan Komputer Tanpa di Shutdown"