Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam


Assalamu'alaikum wr wb. Beberapa hari sebelum ujian, biasanya para pelajar akan belajar dadakan bahkan bisa belajar ngebut hampir semalam suntuk. Kenapa mereka tidak belajar jauh - jauh hari saja? Alasan yang mungkin dikatakan para pelajar termasuk saya sendiri biasanya seperti ini alasannya: Malas belajar karena belum ada ujian, percaya diri yang berlebih atau dia meresa sudah pandai dan pintar, sedang khilaf, masa bodo, dan lain sebagainya.

Terkadang mereka atau mungkin saya sendiri akan melakukannya, mereka akan mengambil jalan pintas dengan cara belajar dengan sistem kebut semalam. Sistem belajar kebut semalam saya rasa masih belum efektif atau kurang efektif. Lalu seperti apa belajar ngebut yang efektif karena ujian tinggal beberapa hari lagi?

Saran saya, apabila waktu ujian masih ada sekitar 3 hari, maka mulailah belajar sejak 3 hari sebelum ujian. Walaupun materi yang harus anda pelajari sangat banyak dan anda hanya punya waktu hanya 3 hari untuk belajar, maka jangan sia - siakan waktu tersebut.

Nah... karena waktu yang mepet ini anda harus memanfaatkan waktu sebaik - baiknya untuk belajar. Saya akan memberikan tips belajar cepat. Ini hanya tips dari saya, jadi... anda mau menggunakan tips ini atau tidak itu pilihan anda.


Tips Belajar Ngebut Dari Saya


Apabila hanya tersisa beberapa hari untuk belajar, atau lebih mudahnya saya tetapkan hanya tiga hari. Belajarlah pada siang harinya dan beribadahlah serta beramal saleh di waktu siang dan malam.

Terutama pada malam harinya, lebih baik kita menyedikitkan tidur dan lebih memperbanyak ibadah kepada Allah swt. Namun harus anda ingat, ibadah yang kita lakukan harus lillahi ta'ala dan janganlah melakukan ibadah hanya untuk menginginkan dunia seperti: agar nilai ujian bagus, agar disukai banyak orang, agar cepat kaya dan lain sebagainya.

Apabila anda melakukan ibadah dengan niat duniawi, maka anda tidak akan mendapatkan hasil dari pahala ibadah tersebut diakhirat. Habis sudah segala bentuk ibadah kalau diniatkan untuk dunia atau untuk duniawi. Mengapa saya menyarankan untuk banyak beribadah dan beramal saleh? yang jelas adalah untuk mendapatkan ridha Allah swt.

Dengan memiliki keimanan yang kuat dan amal saleh yang banyak dan mencukupi, maka senjata seorang muslim akan menjadi sangat kuat. Senjata apakah yang dimaksud?

Yang saya maksud senjata itu bukan dalam artian benda yang dapat digunakan untuk melukai atau membunuh seseorang. Senjata yang saya maksud disini adalah Doa.


Saya hanya mengingatkan, janganlah syirik, jangan musrik, dan janganlah kamu menuhankan dirimu sendiri. Apabila anda memiliki keimanan yang kuat dan amal saleh yang mencukupi, anda tinggal memohon kepada Allah swt agar diberi kemudahan dalam menghadapi ujian sekolah atau yang lainnya.

Kembali ke permasalahan tentang belajar. Belajarlah semampu kamu, jangan melampaui batas. Maksudnya, belajar terus - menerus dan jika anda menemui masalah yang tidak dapat anda selesaikan, janagn dipikirkan terus - menerus, lewati saja dan ganti dengan pelajaran - pelajaran yang masih bisa anda pahami. Apabila anda memaksa untuk mempelajari pelajaran tersebut dan anda tidak paham juga, karena anda masih yakin bisa menyelesaikannya anda akhirnya terus - menerus memikirkan pelajaran tersebut dan anda akan merasa pusing. Mengapa hal ini terjadi?

Sebenarnya Allah swt itu sedang menguji apakah kamu merasa pandai dengan otakmu. Maka ketika dia merasa yakin bahwa dirinya pandai dan bisa menyelesaikan masalah tersebut, akantetapi pada akhirnya tetap tidak bisa menyelesaikannya dan ketika dia terus memikirkan masalah itu dititik itulah dia akan merasakan pusing. Segala permasalahan datangnya dari allah dan dia mengetahui segala sesuatu. Jadi, serahkanlah urusan itu kepada Allah swt.

Ketika orang itu merasa pandai dengan otaknya, pada saat itu juga dia melupakan Tuhannya. Dia terlalu sombong dan merasa bahwa segala persoalan bisa dia selesaikan menggunakan otaknya yang cerdas itu.

Kita bisa ambil kesimpulannya, untuk dapat belajar dengan baik agar mudah paham, kita harus minta pertolongan kepada Allah dan diiringi dengan ikhtiar dengan cara belajar terus - menerus. Dan dalam belajar tersebut, usahakan selalu mengingat Allah swt. Dialah Allah yang memberikan kefahaman ilmu dan petunjuk kepada orang - orang yang Dia kehendaki.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah swt. Apabila ada kesalahan kata atau yang lainnya mohon dimaafkan dan mohon diingatkan melalui kolom komentar di bawah. Wassalamu'alaikum wr wb.

6 komentar untuk "Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam"

  1. Alhamdulillah... setelah baca artikel ini saya jadi makin sadar dan ingin selalu mengingat Allah swt dalam keadaan seperti apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Semoga kita selalu diberi hidayah oleh Allah swt.

      Hapus
  2. Artikel terkeren yang pernah saya baca. Motivasi dan tipsnya bener bener beda dari yang lain

    BalasHapus
  3. Wahhh keren kak.... 😊😊πŸ₯°.
    Makin hari jadi makinπŸ€”πŸ˜Š.
    Update terus postingannya ya... kak, biar banyak yang dapet manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak, insyaallah akan terus update dan buat artikel

      Hapus

Berlangganan via Email