Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membersihkan Monitor LED dan LCD Dari Kotoran


Halo sobat Teknozero.... Apakah monitor komputer anda sudah kusam dan kotor? atau mungkin monitor anda sudah sangat jarang dibersihkan? Atau malah anda tidak tau cara membersihkan monitor dengan baik dan bernar?. Mari anda ikuti panduan membersihkan monitor yang sudah dirangkum pada artikel kali ini.

Pada saat membersihkan sebuah monitor, kita harus sangat berhati - hati ketika membersihkan bagian layarnya dan tidak boleh sembarangan asal gosok - gosok.

Mungkin anda pernah ditawari cairan - cairan pembersih untuk membersihkan layar monitor beserta kain lapnya. Akantetapi anda harus berhati - hati dalam menggunakan cairan kimia yang ditawarkan oleh orang lain, karena ada bahan kimia yang dapat merusak layar dan dapat membuat layar monitor mengelupas.

KAin yang digunakan untuk mengusap bagian - bagian monitor juga tidak boleh sembarangan. Layar pada monitor ini sifatnya sensitif, maka masalah kain yang digunakan untuk membersihkannya haruslah lembut.

Silahkan anda ikuti panduan dibawah ini untuk membersihkan layar monitor anda dengan baik dan benar tanpa membuat dead pixel pada layar monitor.


1. Matikan Arus Listrik Pada Monitor


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mematikan monitor dengan cara mencabut kabel power pada monitor tersebut. Apabila anda membersihkan layar monitor pada keadaan hidup, maka akan beresiko terjadi kerusakan atau mungkin saja anda bisa kesetrum.


2. Bersihkan Monitor Menggunakan Kain


Jika kotoran yang menempel pada layar monitor tidak begitu membandel, maka anda hanya tinggal mengusapnya menggunakan kain mikrofiber. Lakukan usapan dengan lembut dan hati - hati.

Ketika anda sedang membersihkan layar monitor atau mengusapnya, usahakan untuk tidak melakukan gosokkan kuat dan memutar atau menggosok pada area tertentu saja.

Apabila terdapat noda yang membandel pada layar monitor, cukup gunakan sedikit air untuk melunakkan noda yang keras dan membandel. Anda juga bisa menggunakan cairan kimia, tapi gunakan cairan kimia yang benar - benar aman untuk layar monitor.

Ada juga cara lain untuk menggantikan cairan kimia pembersih, yaitu dengan menambahkan cuka kedalam air untuk membersihkan kotoran yang keras dan membandel.

Pada saat melakukan pembersihan monitor, lakukanlah dengan hati - hati dan dengan gosokkan yang lembut. Apabila menggunakan air atau cairan kimia, jangan semprotkan secara langsung ke bagian layar monitor. Karena jika anda langsung menyemprotkan air secara langsung kelayar, akan banyak resiko yang terjadi jika air tersebut meresap atau menetes ke bagian sela - sela layar.

Akan lebih baik jika anda mencelupkan kainnya ke dalam cairan tersebut, lalu peras hingga kain tersebut hampir kering. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan layar akibat air atau cairan yang anda pakai.


3. Pastikan Layar Monitor Sudah Kering


Setelah anda selesai membersihkan monitor tersebut, pastikan monitor yang anda bersihkan tadi sudah benar - benar kering atau sudah tidak ada lagi cairan yang mengendap sebelum monitor tersebut anda gunakan kembali.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kelembabpan atau kerusakan listrik pada layar monitor anda. Apabila ada air yang masih tersisa dan masuk kedalam celah - celah layar monitor, maka hal ini bisa membahayakan kesehatan monitor ketika dinyalakan.

Semoga anda bisa melakukan pembersihan monitor dengan baik sehingga tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Apabila ada tambahan untuk artikel kali ini, silahakn anda berkomentar dibawah. Semoga panduan cara membersihkan monitor komputer ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Monitor LED dan LCD Dari Kotoran"

Berlangganan via Email