Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Mudah


Bad sector merupakan salah satu kerusakan yang sangat sering dialami oleh para pengguna komputer. Untuk menghindari resiko kehilangan data akibat bad sector, anda sebaiknya melakukan backup data secara berkala. Backup data ini dilakukan untuk menghindari kehilangan data akibat bad sector atau hal lain yang dapat merugikan.

Tenang... selagi itu bisa diperbaiki, anda harus berusaha untuk memperbaikinya. Untuk hasilnya, serahkan saja kepada Allah swt. Mengapa demikian? Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas izin Allah swt. Kita sebagai manusia diperintahkan untuk berikhtiar dan soal hasil kita serahkan kepada-Nya.

Apabila anda sudah membaca artikel penyebab hardisk rusak dan bad sector, kali ini saatnya anda mencoba untuk memperbaikinya. Bagaimana caranya? silahkan lanjutkan membaca.


Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector


Untuk dapat memperbaiki hardisk rusak atau hardisk yang mengalami bad sector, sebenarnya harus ada izin dari Allah swt agar dapat berhasil. Karena tidak semua hardisk yang rusak akibat bad sector bisa diperbaiki. Perlu anda ketahui juga bahwa kerusakan bad sector itu dibagi menjadi dua:

Yang Pertama, Hardisk bad sector akibat kerusakan pada software (bad sector logic).

Kerusakan seperti ini biasanya diakibatkan karena rusaknya software hardisk, karena anda jarang mendefrag hardisk, terkena virus dan lain sebagainya.

Untuk kerusakan yang seperti ini biasanya masih bisa diperbaiki. Persentasenya 80% masih bisa diperbaiki.

Yang Kedua, Hardisk bad sector karena kerusakan pada fisik (bad sector fisik).

Sama seperti pada artikel saya yang sebelumnya bahwa kerusakan pada fisik ini bisa disebabkan karena suhu yang terlalu panas dan sering terbentur atau terbanting dan lain - lain.

Kerusakan hardisk akibat rusaknya bagian fisik ini cukup sulit untuk diperbaiki. Cara yang sering dilakukan para teknisi komputer yang sering dilakukan adalah dengan melakukan kanibal menggunakan hardisk yang serupa.

Sekarang tinggal kita coba untuk memperbaiki hardisk yang bad sector. Tapi pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara untuk memperbaiki bad sector logic saja. Kenapa tidak sekalian bad sector fisik? Jujur saja untuk hardisk yang mengalami rusak pada fisik akan lebih rumit dan susah cara memperbaikinya. Anda harus memiliki pengetahuan lebih untuk memperbaiki bad sector fisik.

Apabila hardisk anda terlihat tidak ada luka yang terlalu mencolok atau anda tidak pernah merasa bahwa hardisk anda pernah terbentur dengan keras, maka anda harus mencoba memperbaikinya dengan cara dibawah ini. Semoga saja berhasil.


1. Gunakan HDD Regenerator



HDD Regenerator merupakan salah satu software yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki hardisk yang rusak. Cara kerja HDD Regenerator ini adalah dengan cara mencari sector hardisk yang rusak, setelah itu memperbaikinya.

Untuk dapat menggunakan software yang satu ini, anda membutuhkan 1 buah hardisk lain di komputer sobat.

Satu hardisk untuk sistem operasi (OS) dan yang satunya lagi adalah hardisk yang akan diperbaiki.


2. Menggunakan SpinRite



Software Spinrite ini cara kerjanya mirip dengan HDD regenerator pada cara pertama. Bedanya, spinrite ini memiliki OS sendiri sehingga anda tidak perlu menggunakan lebih dari satu hardisk.

Anda hanya memerlukan flashdisk atau CD sebagai bootable file ISO dan sobat hanya tinggal menginstal dan memperbaikinya.


3. Melakukan Low Level Format



Cara yang terakhir ini adalah cara yang mungkin paling ampuh untuk dilakukan. Dengan melakukan low level format, anda akan melakukan pembersihan secara mendalam sampai ke sector - sector dan akar - akarnya.

Bedanya low level format dengan format biasa apa? ya seperti penjelasan diatas, dengan melakukan low level format mungkin hampir sama dengan mereset hardisk seperti baru.

Software yang bisa anda gunakan sebenarnya ada banyak diinternet, tinggal pilih saja. Untuk beberapa merek hardisk juga sudah ada yang dari official resminya dan bisa anda dapatkan dengan mengunjungi situs resmi harisk yang anda pakai.

Sekali lagi saya ingatkan, faktor keberuntungan juga sangat berpengaruh untuk masalah hardisk bad sector ini. Apalagi jika kerusakan yang dialami secara fisik dan sangat parah. Maka dari itu sebelum melakukan sesuatu anda harus berdoa dan apabila sudah selesai jangan lupa bersyukur.

Semoga cara - cara diatas dapat berhasil. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan share dan komen jika ada masukan dan tambahan untuk melengkapi tutorial ini.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Mudah"

Berlangganan via Email