Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Laptop Lemot | Paling Ampuh


Apakah laptop yang anda punya terasa lambat? kalau iya, silahkan anda baca artikel ini hingga selesai. Tentunya kita sebagai pengguna laptop tidak ingin kinerja laptop kita sangat lambat atau lemot.

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang dapat mengakibatkan laptop lemot. Mulai dari masalah software hingga hardware yang dapat menyebabkan laptop lemot. Atau mugkin pengguna laptopnya yang lemot karena belum terbiasa mengoperasikan laptop. Hehehe bisa aja ya bos.

Dari pada kebanyakan bahas yang nggak penting, lebih baik kita menuju ke cara yang pertama untuk mengatasi laptop yang lemot.


Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Dengan Mudah


1. Laptop Terkena Virus


Yang pertama adalah virus. Ya.. virus corona akhir - akhir ini sedang menggemparkan dunia. Tidak hanya virus corona yang sedang menjadi perbincangan masyarakat, ternyata virus yang menginfeksi laptop juga bisa menyebabkan laptop anda menjadi lambat.

Sebagian ada virus yang tinggal di memory ketika saat laptop pertama kali melakukan booting, ada juga tipe virus yang sengaja dibuat memenuhi beban memory yang pada akhirnya bisa memperlambat kinerja sebuah laptop.

Maka dari itu, saya sarankan anda menginstal antivirus pada laptop anda dan terus lakukan update antivirus anda karena jenis - jenis virus juga terus berkembang seiring berjalannya waktu. Lakukan scanning virus secara teratur dan terus menerus untuk mendeteksi virus yang menjangkit dan segera melakukan pembersihan.

Ada juga salah satu virus yang cukup menjengkelkan para pengguna komputer, yaitu virus adware. Pada saat anda membuka browser, langsung muncul iklan dari situs yang bukan dari default browser tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa laptop anda sudah terkena virus adware.

Virus adware ini biasanya muncul karena pengguna laptop tersebut asal menginstal sebuah software tanpa membacanya atau mendownload dari situs yang tidak resmi. untuk mengatasi virus ini, anda bisa menggunakan software seperti Adware Remover.


2. Bersihkan Junk File


Ada banyak sekali software yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu softwae pembersih yang cukup banyak digunakan adalah CCleaner. Software ini bisa anda gunakan untuk membersihkan file - file yang tidak perlu seperti cookies maupun temporary files, pembersihannya juga dirasa cukup baik dan bisa dibilang memuaskan.


3. Uninstall Program Yang Tidak Perlu


Dengan banyaknya program berat yang anda install pada laptop, maka hal ini bisa memberatkat kinerja laptop dan mengakibatkan laptop anda menjadi lambat. Oleh karena itu, anda harus menguninstall program - program atau software yang tidak perlu - perlu amat untuk anda.


4. Bersihkan Komponen Laptop


Kotoran yang menumpuk pada bagian dalam laptop anda dapat menyebabkan kinerja laptop berjalan kurang baik. Debu - debu yang menempel pada bagian dalam laptop dapat menyebabkan laptop panas dan jika terus dibiarkan, laptop anda bisa beresiko mengalami kerusakan.

Bersihkan juga pada bagian fan laptop dan jangan lupa untuk mengganti thermal paste pada processor jika sudah sangat lama tidak diganti. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya over heat pada processor laptop.


5. Periksa Kapasitas Hardisk


Penyimpanan hardisk yang hampir penuh, terutama pada bagian partiosi C atau yang dibuat untuk menjalankan program - program, maka hal ini sangat berpengaruh pada segi kecepatan laptop tersebut. 

Maka dari itu, sisakanlah ruang kosong yang cukup disana, apabila kapasitas hardisk anda penuh dan tidak dirawat dengan baik seperti melakukan defrag dan lain sebagainya, maka hardisk tersebut akan beresiko mengalami bad sector. 

Apabila terjadi bad sector, laptop anda bisa saja gagal booting atau data - data anda akan hilang atau tidak bisa dibuka. Jika hardisk anda sudah terlanjur mengalami bad sector, ada baiknya anda baca artikel penyebab hardisk mengalami bad sector dan juga baca artikel cara memperbaiki hardisk yang bad sector.


6. Menambah RAM


Kapasitas RAM yang terlalu kecil juga dapat membuat laptop anda terasa lambat. Jika anda menginginkan kinerja laptop anda menjadi lebih cepat, tambahkanlah kapasitas RAM anda menjadi lebih besar. 

Contohnya anda memiliki laptop dengan kapasitas RAM hanya 1GB. Karena anda banyak menginstall aplikasi, maka laptop tersebut akan menjadi sangat lambat. Dengan menambahkan RAM laptop tersebut hingga 4 - 8 Giga, maka kinerja laptop tersebut akan menjadi lebih cepat.


7. Install Ulang Sistem Operasi (OS)


Cara ini dilakukan apabila semua cara diatas tidak berhasil. Lakukanlah install ulang sistem operasi dan backup dulu data - data penting anda agar tidak hilang. Setelah selesai, cek kinerja laptop anda.


8. Solusi Yang Paling Bagus


Solusi yang terakhir ini adalah solusi yang paling bagus dari solusi - solusi diatas. Jika anda punya banyak uang, maka belilah laptop yang sangat berkualitas. Dengan begitu, anda bisa menikmati laptop baru yang memiliki kinerja bagus.

Apa bila anda melakukan cara - cara diatas dengan baik, Insyaallah bisa berhasil membuat laptop anda kembali ngebut. Mohon maaf bila ada kekuranagn dan kesalahan. Apabila ada yang ingin menambahkan solusi mengatasi laptop yang lemot, silahkan berkomentar di bawah.

2 komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Lemot | Paling Ampuh"

  1. Bagus bang... artikelnya cukup membantu. Kalau solusi yang nomor delapan itu mah kalau kantongnya tebal baru bisa di praktekin. Kalau nggak ngutang dulu. Inget akhir zaman jadi takut ngutangšŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Master tanggapannya. Untuk cara yang kesembilan adalah menabung untuk beli laptop baru. Hhehe

      Hapus

Berlangganan via Email