Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri - Ciri Baterai Tanam Bocor


Ponsel pintar atau smartphone saat ini memang sudah beralih menggunakan baterai non-removable. Hal ini disebabkan karena tipe baterai tersebut bisa menghemat biaya produksi sehingga bisa dioptimalkan untuk fungsi - fungsi lainnya. Baterai tanam ini juga tidak bisa dengan mudah dicabut karena baterai sudah ditanam ke dalam ponsel pintar / smartphone.

Walaupun begitu, permasalahan baterai ini masih tetap sama dengan jenis baterai removable, yaitu baterai yang bisa boros dan bocor. Mari kita lihat ciri ciri baterai bocor berikut ini.


1. Baterai mulai boros


Ketika anda selesai mengecas smartphone anda hingga baterai full, anda menggunakan smartphone tersebut. Tapi tidak lama kemudian baterai drop secara signifikan. Jika smartphone anda mulai boros, anda harus berhati - hati karena ini adalah gejala - gejala yang dialami ketika baterai akan mengalami kebocoran. 

Selain baterai boros, tanda lain yang mengidentifikasikan baterai mengalami kebocoran adalah ponsel pintar anda sering mati padahal kapasitas baterai masih memungkinkan untuk hidup. Contoh : kapasitas baterai budi masih ada sekitar 40 persen. Akantetapi smartphonenya selalu mati seperti mengalami kehabisan baterai. Bahkan ketika dihidupkan kembali sangat sulit dilakukan. Bisa jadi baterai budi sudah benar - benar bocor.


2. Bagian body belakang terlihat mengembung


Kejadian baterai bocor yang paling mudah dilihat adalah bagian body belakang smartphone terlihat mengembung. Bagian belakang yang mengembung tersebut terdapat baterai tanam yang di pasang pada bagian belakang smartphone. Hal ini sama seperti ciri baterai bocor pada smartphone yang menggunakan baterai removable / baterai yang bisa dicopot. 

Cara melihat apakai smartphone anda pada bagian belakang mengembung atau tidak adalah dengan cara meletak smrtphone anda di lantai yang datar. putar - putarlah smartphone anda dan lihat apakah smartphone anda bisa berputar dengan baik atau tidak. Apabila smartphone anda bisa berputar dengan gampang seperti bola basket, maka hal tersebut menandakan bahwa baterai anda telah bocor.


3. Smartphone mudah panas


Apakah smartphone anda mudah panas? jangan suka menyepelekan hal tersebut. Bisa jadi baterai anda mulai bocor. Smartphone mudah panas karena beberapa faktor berikut :

  1. Anda menggunakan atau meletakkan smartphone pada suatu tempat yang panas atau terpapar sinar matahari langsung
  2. Anda sedang menggunakan aplikasi yang berat atau bermain game - game yang berat untuk ponsel anda
  3. Anda menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama terus - menerus
  4. Anda menonton streaming video atau menoton video youtube terlalu lama

Penyebab smartphone mudah panas juga tidak hanya hal - hal yang saya sebutkan di atas. Bisa jadi baterai anda mulai mengalami kebocoran. Baterai yang bocor bisa menyebabkan panas pada smartphone karena baterai itu sendiri yang panas sehingga ketika anda menyentuh smartphone yang baterainya bocor maka ketika anda menyentuhnya anda akan merasa panas. Baterai yang dicurigai bocor itu mengeluarkan daya yang berlebihan sehingga smartphone mudah panas.


4. Baterai susah penuh ketika dicas


Ciri - ciri baterai bocor selanjutnya adalah ketika smartphone dicas, baterai susah penuh. Atau butuh waktu yang sangat lama untuk mengecas smartphone agar baterai terisi penuh. Rata - rata untuk pengecasan smartphone dilakukan sekitar 2 - 3 jam agar baterai terisi penuh. Akantetapi berbeda apabila menggunakan mode fast charging. Sebab, dengan menggunakan mode fast charging, smartphone akan lebih cepat penuh, hanya butuh waktu sekitar 1 - 2 jam saja. Jika dalam pengecasan smartphone anda lebih dari 3 jam, bisa jadi baterai anda terindikasi mengalami kebocoran.


5. Indikator baterai tidak muncul


Ketika pada saat pengecasan ponsel pintar, maka cobalah sobat perhatikan pada bagian indikatornya. Biasanya ketika kita sedang mengecas smartphone, lampu indikator pada yang ada pada ikon baterai atau pada bagian samping smartphone menyala. Nah, apabila lampu indikator pada smartphone tidak menyala, maka baterai pada smartphone perlu dicurigai. Bisa jadi baterai smartphone anda bocor.

Biasanya selain indikator pengecasan yang tidak nyala / tidak muncul, smartphone yang biasanya baterainya bocor juga sering terjadi error ketika sedang dicas. Apabila error sering terjadi pada saat pengecasan, bisa jadi baterai anda terkena masalah.


6. Smartphone hanya bisa menyala ketika dicas saja


Ciri lainnya yang mengindikasikan baterai mulai bocor adalah smartphone hanya bisa dinyalakan ketika sedang dicas saja. Nah, apabila hal ini terjadi, maka baterai anda sudah susah untuk ditolong. Sebab pada poin ini harus segera dilakukan perbaikan pada smartphone anda. 

Itulah beberapa ciri - ciri baterai non-removable atau baterai tanam yang mulai bocor. Kelemahan menggunakan baterai tanam ini adalah ketika mengalami kerusakan, susah untuk memperbaikinya. Apabila terjadi kerusakan, silahkan anda perbaiki kepada yang ahli. 

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa bagikan artikel Ciri Ciri Baterai Tanam Bocor kali ini ya... Lihat juga artikel keren lainnya ya.

Posting Komentar untuk "Ciri - Ciri Baterai Tanam Bocor"

Berlangganan via Email