Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Jenis - Jenis Kabel Coaxial


Ada berbagai macam jenis kabel yang dapat digunakan pada sebuah komputer. Biasanya untuk kabel jaringan bisa menggunakan kabel UTP, Fiber Optik dan Coaxial. Untuk kabel Coaxial mungkin masih terasa asing bagi beberapa orang. Sebenarnya kabel Coaxial ini sangat sering ditemukan pada bagian belakan Televisi, namun beberapa orang tidak tau bahwa kabel penghubung antara antena ke televisi menggunakan kabel Coaxial.

Kabel Coaxial ini adalah jenis kabel transmisi data yang terarah. Kabel Coaxial juga bisa disebut sebagai Bayonet Neur Connector. Memang kabel ini pada awalnya lebih sering digunakan untuk penghubung antena ke televisi. Seiring berjalannya waktu, kabel ini juga mulai digunakan pada jaringan komputer. Ada beberapa jenis kabel Coaxial. Apa saja jenisnya? silahkan baca terus sampai selesai.


Jenis Kabel Coaxial


  • Kabel Coaxial Berukuran Tipis


Yang pertama adalah kabel Coaxial yang berukuran tipis. Kabel Coaxial ukuran tipis ini biasanya disebut dengan Thinnet 10Base2. Angka 2 pada 10Base2 merujuk pada panjang kabel ini. Panjang kabel Coaxial berukuran tipis ini hanya 200 meter. Kabel jenis ini terkadang digunakan pada gedung gedung kecil seperti pada sekolah.

Kelebihan kabel jenis ini diantaranya sangat fleksibel dan mudah dalam instalasinya. Kabel Coaxial ini juga bisa langsung dihubungkan ke PC komputer menggunakan konektor BNC.


  • Kabel Coaxial Berukuran Tebal


Jenis kabel Coaxial berukuran tebal ini juga sering disebut dengan Thicnet 10base5. Arti angka lima pada 10base5 memiliki artian panjang kabel yang dijangkau kabel ini bisa mencapai 500 meter. Kabel ini memilki diameter ketebalan 10mm, namun tidak semua jenis kabel ini memiliki ukuran yang sama.

Secara fisik, kabel Coaxial tebal ini lebih sring digunakan untuk kabel LAN standar. Kabel ini juga memiliki kelebihan dalam sisi bandwithnya yang lebih besar dibandingkan kabel Coaxial yang tipis. Kabel ini juga dapat digunakan untuk komunikasi secaara broadband. Kabel ini juga disebut kabel RG-8. Oleh karena itu, kabel ini juga terkadang digunakan untuk instalasi jaringan pada gedung.

Walaupun begitu, ternyata untuk dapat menyambungkan kabel jenis ini ke komputer membutuhkan alat yang bernama transceiver. Untuk menghubungkan attachment Unit Interface ke bagian transceiver harus menggunakn drob kabel. Jadi, proses instalasi kabel ini termasuk cukup rumit.

Sekarang mungkin sudah jangang menemukan kabel Coaxial pada jaringan komputer karena sudah mulai beralih menggunakan kabel UTP dan kabel Fiber Optik. Akantetapi anda pasti masih sering menemukan kabel Coaxial pada televisi - televisi tertentu milik tetangga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Inilah Jenis - Jenis Kabel Coaxial"

Berlangganan via Email