Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Manfaat Madu Bagi Kesehatan


Sudah dari dulu madu dipercaya mengandung banyak khasiat. Bahkan di dalam Islam juga menganjurkan untuk mengkonsumsi madu. Rasa manis pada madu bisa menjadi alternatif rasa manis pengganti gula.

Madu memiliki bentuk yang kental dan berwarna kuning dan ada yang kecoklatan. Madu juga memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh kita.

Madu memiliki banyak sekali nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, yang dihasilkan dari nektar yang dihisap oleh lebah pada bunga.

Madu memiliki kandungan nutrasetikal yang cukup efektif untuk mengeluarkan radikal bebat didalam tubuh. Dengan adanya manfaat dari kandungan nutrasetikal maka kekebalan tubuh pun akan meningkat sehingga tidak mudah terseang penyakit.

Madu juga memiliki sifat antibiotik yang dapat digunakan sebagai antiseptik alami tanpa adanya efek samping. Berikut adalah manfaat dari madu yang perlu anda ketahui.


Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh


Sudah lama sejak zaman dahulu madu digunakan sebagai obat maupun makanan. Madu juga efektif untuk dijadikan pengganti gula untuk mereka yang sedang menghindari gula. Silahkan simak manfaat madu untuk kesehatan menurut ilmu pengetahuan ilmiah.


1. Sebagai Antibakteri dan Jamur


Semua jenis madu bisa digunakan sebagai antibakteri karena lebah madu menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida. (menurut Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di University of Waikato di New Zealand).


2. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung


Ternyata madu juga mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang dapat membantu mengurangi resiko beberapa penyakit kanker dan penyakit jantung.


3. Mengurangi Bisul dan Gangguan Gastrointestinal Lainnya


Sebuah penelitian terbaru menunjukkan hasil bahwa perawatan menggunakan madu dapat membantu gangguan penyakit seperti bisul dan gastroenteritis bakteri. Hal ini mungkin juga terkait dengan penelitian manfaat yang pertama.


4. Manfaat Madu Bagi Para Atletik


Beberapa atlet Olimpiade kuno memakan madu dan buah ara kering untuk dapat meningkatkan kinerja mereka dalam bertanding. Pada zaman sekarang ini telah diverifikasi oleh berbagai studi modern yang menunjukkan bahwa madu itu lebih unggul dalam menjaga glikogen dan dapat meningkatkan waktu pemulihan dibandingkan pemanis yang lain.


5. Mengurangi Iritasi Karena Batuk


Manfaat madu yang lainnya adalah dapat membantu mengatasi batuk, terutama madu soba. Pada sebuah penelitian terhadap 105 anak, satu dosis saja madu soba sama efektifnya dengan satu dosis dextromethorphan untuk meredakan batuk pada malam hari untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.


6. Pengaturan Gula Darah


Walaupun madu mengandung gula sederhana, hal itu tidak sama dengan gula pasir atau pemanis buatan. Kombinasi tepat antara fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gula dalam darah.


7. Menyembuhkan Luka


Penggunaan madu pada bagian luar tubuh telah terbukti sangat efektif sebagai perawatan konvensional dengan sulfadiazin perak. Efek pengeringan ini diperkirakan bahwa gula sederhana dan sifat antibakteri pada madu bergabung dan dapat menciptakan efek ini. Studi penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu berhasil dalam penyembuhan luka.


8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh


Jenis madu dari Australia yaitu jenis madu manuka telah ditemukan untuk merangsang produksi sel - sel kekebalan dalam tubuh. Hal tersebut adalah hasil dari sebuah penelitian di School of Medicine, Cardiff University di Inggris.

Tambahan lainnya untuk manfaat madu selain untuk kesehatan, madu dipercaya juga bisa digunakan untuk kecantikan dan dapat membuat kulit menjadi halus dan lembut.

Sekian dulu tentang artikel manfaat madu bagi kesehatan, semoga bisa bermanfaat dan bisa anda praktekkan dirumah. Silahkan berkomentar jika ada tambahan.

2 komentar untuk "Inilah Manfaat Madu Bagi Kesehatan"

  1. Ternyata banyak juga ya... manfaat mengkonsumsi madu, Baru tau saya👍🏻😊

    BalasHapus

Berlangganan via Email