Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Hardisk Rusak dan Bad Sector


Hardisk merupakan salah satu komponen penting yang harus ada pada PC komputer atau laptop. Apabila komponen yang satu ini mengalami masalah, maka akan menimbulkan permasalahan seperti tidak dapat booting, kehilangan data, stuck di bios dan lain sebagainya.

Karena adanya data - data penting pada hardisk, maka menyebabkan kekhawatiran bagi para pengguna. Saya sendiri pernah membeli hardisk bekas secara online dan setelah hardisk tersebut sampai kerumah, setelah dicek ternyata mengalami bad sector.

Ketika itu saya akan menginstal sistem operasi pada hardisk yang saya beli secara online. Setelah mencoba beberapa kali booting, ternyata tidak berhasil. Setelah dicek, ternyata hardisk mengalami bad sector. Untung saja si penjual online tersebut mau menukarnya dengan hardisk yang lain. Walau begitu saya tetap rugi karena ongkos kirim yang saya tanggung.

Listrik yang sering mati secara tiba - tiba juga bisa mengakibatkan hardisk rusak. listrik yang turun atau mati secara tiba - tiba akan memberhentikan jarum dari hardisk secara langsung, sehingga ketika komputer anda kembali dinyalakan, jarum tersebut menjadi sangat rentan untuk menggores piringan sehingga bisa mengakibatkan kerusakan.

Selain listrik yang anjlog atau turun, ada hal - hal yang lainnya yang bisa menyebabkan hardisk mengalami kerusakan. Silahkan baca penyebab - penyebab hardisk rusak atau bad sector.


1. Umur Hardisk Sudah Tua


Hardisk yang sudah berumur atau sudah tua, maka sangat rentan mengalami bad sector. Usia daripada hardisk sendiri cukup bervariasi, lama tidaknya umur hardisk tergantung pada pemakaian hardisk tersebut. Apabila dalam pemakaian hardisk tersebut dirawat dengan baik, maka umur hardisk juga bisa lebih lama.

Faktor pemakaian yang berlebihan dan sering mengalami turun listrik bisa menyebabkan hardisk mengalami bad sector lebih cepat.


2. Faktor Pendukung Hardisk Yang Buruk


Faktor pendukung yang saya maksud disini adalah komponen - komponen pendukung seperti power supply. Apabila power supply yang digunakan tidak memiliki kualitas yang baik atau bisa dibilang buruk, maka kemungkinan terjadinya bad sector pada hardisk juga semakin besar.

Dengan menggunakan power supply yang buruk, bisa mempercepat terjadinya kerusakan hardisk. Power supply yang mengalirkan listrik secara tidak stabil sangat bisa menyebabkan bad sector, karena hardisk termasuk komponen yang cukup sensitif.


3. Karena Faktor Fisik


Faktor fisik yang saya maksud disini adalah hal yang berhubungan dengan hardware atau fisik. Misalkan saja hardisk yang terhentak atau terbanting dan lain sebagainya.

Hardisk merupakan salah satu komponen yang sangat sensitif terhadap benturan. Benturan yang dialami hardisk dapat menyebabkan kerusakan komponen - komponen yang ada didalam hardisk tersebut.

Kurang kencangnya pemasangan baut pada hardisk juga beresiko mengalami benturan - benturan bila terdapat goncangan pada casing PC tersebut.


4. Suhu Yang Terlalu Panas


Panas yang berlebih dapat mengakibatkan komponen - komponen pada hardisk mengalami kerusakan. Pada keadaan normal biasanya suhu hardisk ketika sedang bekerja  dibawah 40 derajat celcius.

Rusaknya hardisk karena suhu yang terlalu panas biasanya terjadi dalam jangka yang lumayan panjang.

Lalu bagaimana cara untuk memperbaiki hardisk yang bad sector? Untuk panduan cara memperbaiki hardisk bad sector sudah saya jelaskan caranya pada artikel yang lainnya. Silahkan dibaca.


Kesimpulan


Lebih baik anda mencegah terjadinya bad sector daripada memperbaikinya. Tapi tetap saja yang namanya barang elektronik pasti akan mengalami kerusakan. Yang namanya makhluk aja juga akan mati, apalagi yang namanya hardisk atau perangkat elektronik. Kalau sudah rusak ya baiknya diperbaiki, kalau punya uang ya beli baru biar nggak ribet. yang rusak kasih ke orang yang membutuhkan.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, jangan lupa share dan komen apabila ada hal yang salah atau kurang jelas pada artikel ini. 

3 komentar untuk "Penyebab Hardisk Rusak dan Bad Sector"

  1. Bagus bang...artikelnya. Saya jadi tau penyebab - penyebab hardisk mengalami bad sector. Pantesan aja komputer yang ada di sekolah saya sering rusak, murid - muridnya kadang asal - asalan matiin komputer. Katanya yang penting mati komputernya, mau dimatiin pakek tombol atau dicabut kabelnya sekalian nggak jadi masalah. Terus listrik sekolah juga sering turun, untung aja komputer ane nggak ditaroh disana. Hehehe. Trimakasih gan... teng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bang komennya, saran saya bagikan juga artikel ini ke siswa - siswa disekolah biar mereka tahu tentang penyebab hardisk mengalami kerusakan.

      Hapus
  2. Iya gan... disekolahan ane juga sama, kadang kalau komputer ngelag waktu dishutdown, siswanya langsung pencet tombol power. Pas waktu komputer lagi eror juga sering langsung dicabut kabel powernya. Mantaplah.

    BalasHapus

Berlangganan via Email