Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Bacaan Amalan Agar Persalinan Bunda Mudah Dan Lancar

Inilah Bacaan Amalan Agar Persalinan Bunda Mudah Dan Lancar

Inilah Bacaan Amalan Agar Persalinan Bunda Mudah Dan Lancar - Kehamilan merupakan suatu anugerah yang dikariniakan Allah yang begitu besar untuk hamba Manusia yang sangat  patut untuk di syukuri. Oleh sebab itu saat persalinan (melahirkan) adalah suatu momen antara perasaan bahagia juga cemas.

Hal ini memang sangat wajar karena proses melahirkan seorang bayi, bisa dikatakan sang Ibu dalam masa ini sedang masa perjuangan antara hidup dan mati karena saking sakit yang dirasakan saat proses melahirkan, apalagi jika proses melahirkan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama sekali hingga beberapa jam.

Kita tahu, Sebagai umat Islam yang beriman kepada Allah, maka setiap urusan sesulit apapun yang dialami harus diserahkan kepada-Nya, seperti yang telah diajarkan oleh para Nabi-nabi kita untuk selalu berdoa dan memohon pertolongan dan tetap bersyukur agar semua proses kesulitan hidup menjadi mudah dan mendapatkan Ridho dari Allah SWT.

Lantas bagaimana ketika Manusia ingin hamil atau sedang dalam proses melahirkan supaya lancar dan selamat Bayi dan juga Ibunya? yaitu melahirkan secara normal tanpa perlu di operasi/sesar.

Dalam hal ini banyak para alim ulama menyarankan disaat dalam masa hamil dan persalinan supaya selalu memperbanyak bacaan ayat suci  Al-Qur'an dia taranya Surah Maryam, juga Doa Nabi Yunus sebanyak-banyaknya atau secara rutin 40 kali atau berapa kali pun.

Seperti yang terdapat pada Al-Qur'an Surah Ali Imran (3), Ayat 38.
Artinya: Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa"
Selain itu, Doa nabi Yunus juga sangat dianjurkan ketika seseorang sedang mempunyai hajat atau cita-cita, seperti  ingin memiliki sibuah hati, dan sekaligus sebagai doa agar di mudahkan pada saat melahirkan (bersalin normal) karena itu yang di dambakan oleh setiap Ibu hamil.

Tertulis dalam Surah al-Anbiya (21) Ayat 87-88-89.
Artinya: Ingatlah kisah Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim" Nabi-Nabi (Al-'Anbyā'):87
Sejarah tentang hikmah dibalik bacaan tasbih nabi Yunus dan doa Nabi Yunus dikisahkan berawal dari taubat nabi Yunus kepada Allah ketika nabi Yunus berada di dalam perut ikan Paus, ketika itu nabi Yunus merasakan kegelapan dan tidak tahu apa yang harus di perbuat, nah pada saat itu nabi Yunus mengucapkan : "Laa illaha illa 'annta Subhaanaaka innii Kuntu Minadz dzhoolimiin"

Siapakah Nabi Yunus itu?  Nabi Yunus adalah sosok seorang Nabi yang Allah utuskan kepada Bani Israil agar menuruti perintah dan peraturan Allah.

Suatu ketika Nabi Yunus  pergi dengan membawa rasa marah yang membuatnya Allah menyempitkannya memberikan rasa dalam kegelapan yang kala itu Nabi Yunus bisa masuk kedalam perut ikan, hingga Nabi Yunus menyadari dengan kemarahannya itu perbuatan salah, kemudian Ia bertobat kepada Allah dan menyadari bahwa dirinya telah dzalim.

Adapun Hikmah dari  doa tersebut nabi Yunus kemudian dimudahkan oleh Allah untuk keluar dari perut ikan Paus.

Inilah sebabnya ketika seseorang dengan yakin membacakan doa Yunus sangat dianjurkan bagi ibu ketika sedang hamil dan saat proses melahirkan bayi supaya cepat, mudah kelar dengan selamat atas pertolongan Allah.

Lalu seperti apa Doa Nabi Yunus secara lengkap Lafadz Latin dan artinya? berikut Do'a nya :

Lafadz Arab :


لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Lafadz Latin :

Laa ilaha Illa 'anta Subhaanaaka innii Kuntu Minad dzhoolimiin
Artinya: "Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (Ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim / aniaya"
Bacaan Doa supaya mudah saat bersalin berikutnya adalah sering membaca surah maryam, karena isi didalam kandungan dalam Surah Maryam tersebut terdapat hikmah yang berhubungan dengan proses melahirkan Nabi Isa Alaihi Salam yang merupakan mukjizat Allah.

Nah, kaum muslimin semua, mudah-mudahan dengan terus kita membaca Al-Qur'an juga untuk segala keperluan dapat memudahkan segala urusan duniawi, khususnya di akhirat nanti, menjadikan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Posting Komentar untuk "Inilah Bacaan Amalan Agar Persalinan Bunda Mudah Dan Lancar"

Berlangganan via Email