Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Kesalahan Yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui Setelah Operasi Caesar

Inilah Kesalahan Yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui Setelah Operasi Caesar

Inilah Kesalahan Yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui Usai Operasi Caesar - Halo Bunda, Sebagian dari Bunda mungkin sangat setuju yang bahwa menyusui setelah proses operasi caesar adalah hal yang mungkin  tidak mudah. Banyak hal yang dirasakan yaitu rasa sakit pada luka jahitan, yang membuat Bunda sedikit kesulitan menemukan posisi dimana menyusui yang benar-benar tepat.

Tentu benar, kita semua berkeinginan untuk menyusui dengan benar dan lancar walaupun kalanya ada rintangannya. Nah, bagaimana supaya Bunda dapat menyusui si kecil dengan baik, yuk mari sama-sama kita cek lima kesalahan yang perlu dihindari ibu menyusui setelah operasi caesar:

1. Takut menyusui langsung

Bunda jangan takut untuk menyusui secara langsung. Mengutip dari Very Well Family, susuilah anak sesering mungkin, sedikit dikitnya setiap satu sampai hingga tiga jam. Nah meskipun Bunda mungkin merasa kelelahan dan kesakitan, menyusui kemungkinan akan lebih berhasil ketika dilakukan lebih awal dan sering.

2. Tidak mau pakai pompa ASI

Pasca operasi caesar, namun justru pompa ASI sangat membantu. Nah gunakan pompa ASI apabila Bunda sedang tidak bisa bersama si buah hati. Pompa pada setiap dua hingga tiga jam untuk merangsang produksi ASI Bunda.

3. Enggan minum obat penahan sakit

Jangan Pernah enggan bagi Bunda untuk minum obat dengan alasan takut pengaruhi ASI. Tetaplah minumlah obat pereda nyeri yang telah diresepkan dokter. Kenapa? Nyeri justru diketahui menekan produksi susu Bunda.

Selalain itu, Bunda juga akan lebih nyaman untuk terus menyusui ketika rasa sakit terkendali. Obat juga akan membantu Bunda untuk rileks sehingga tubuh dapat berkonsentrasi pada penyembuhan dan mulai membuat ASI Bunda.

4. Tak mau konsultasi dengan dokter atau konselor laktasi

Jika Bunda merasa kesulitan menyusui usai operasi caesar. Ingat, Bunda jangan pernah merasa enggan atau malah tidak mau konsultasi ke pihak dokter atau konselor laktasi. Keduanya sangat siap mendengar keluh kesah, Bunda untuk membantu kelancaran menyusui. Suami juga wajib mendukung Bunda demi kelancaran menyusui pasca operasi caesar.

5. Tidak sabaran dalam semua keadaan

Dilansir Parenting Firstcry, sabar adalah kuncinya. Jangan terlalu keras atau memaksakan diri. Jika Bunda adalah seorang ibu baru, Bunda perlu waktu untuk membiasakan diri dengan hal ini.

Produksi susu membutuhkan waktu, pelekatan mulut bayi juga butuh trial and error dalam mencoba berbagai posisi yang baru. Ingat Bunda juga sedang menyembuhkan luka operasi dan bersabar dengan diri sendiri adalah suatu keharusan.

Posting Komentar untuk "Inilah Kesalahan Yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui Setelah Operasi Caesar"

Berlangganan via Email