Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Konsumsi Buah Durian Saat Menjalani Masa Kehamilan

Manfaat Konsumsi Buah Durian Saat Menjalani Masa Kehamilan

Manfaat Konsumsi Buah Durian Saat Menjalani Masa Kehamilan - Halo Bunda, siapa yang tidak mengenal buah durian? Buah tropis dengan rasa yang unik dan bau kuat ini sangat banyak peminatnya. Namun, banyak juga wanita hamil kadang menghindari buah ini lantaran diyakini tidak baik untuk janin dan bisa beresiko keguguran.

Dilansir dari Mom Junction, sejauh ini belum ada penelitian yang terbukti secara efektif yang menyatakan adanya efek negatif dari konsumsi durian ketika hamil. Meski begitu, juga tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi durian selama hamil baik. Durian adalah sumber energi sebab kandungan gula dan karbohidrat yang terdapat di dalamnya. Dua biji durian berukuran sedang memiliki sekitar 60 kalori.

Hal ini juga merupakan makanan dengan indeks glikemik tinggi, yang bisa menyebabkan lonjakan tajam dalam glukosa darah, sehingga jika Bunda mengonsumsinya dalam batas wajar saat hamil, itu dianggap aman. Kecuali jika Bunda didiagnosis diabetes gestasional, maka harus benar-benar menghindarinya.

Namun pada daerah asal buah ini, yakni Asia Tenggara, buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika hamil. Hal ini karena mereka meyakini bahwa durian dapat meningkatkan suhu tubuh dan membahayakan janin dalam kandungan.

Spesialis pengobatan janin, Dr Patrick Chia menyatakan bahwa mengonsumsi durian aman selama kehamilan, asal tidak berlebihan.

"Penelitian menunjukkan bahwa mungkin ada manfaat untuk makan durian, yang mengandung organosulfur dan triptofan. Senyawa ini memiliki efek antioksidan, antimikroba, antibakteri dan antijamur, yang mungkin bermanfaat bagi kehamilan," katanya, dikutip dari Babycenter.

Nah berikut beberapa manfaat dari makan durian dikutip dari Mom Junction dan Style at Life:

1. Durian bisa menjadi sumber energi yang tinggi dengan kandungan gula sederhana, seperti fruktosa dan sukrosa yang membuat tubuh lebih energik.

2. Tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Selain itu memiliki kandungan darah yang sangat rendah, sehingga membantu mengatur tekanan darah.

3. Durian juga merupakan sumber serat makanan yang baik. Hal ini dapat bertindak sebagai pencahar alami dan mencegah sembelit, yang sering dialami selama kehamilan.

4. Kandungan serat dalam durian membantu menjaga selaput lendir terlindungi karena mengurangi waktu paparan terhadap racun. Ini juga akan membantu mengikat dan menghilangkan bahan kimia dari usus yang berpotensi menyebabkan kanker.

5. Durian sarat dengan vitamin B kompleks yang sehat seperti niacin, thiamin, dan riboflavin. Semua ini membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan sangat penting untuk fungsi tubuh yang sehat.

6. Buah ini juga sumber mangan, besi dan magnesium yang baik. Tembaga dan zat besi membantu memproduksi sel darah merah di tubuh yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

7. Studi-studi tertentu menunjukkan bahwa konsumsi durian oleh wanita hamil bisa membantu mengurangi depresi pada saat kehamilan atau setelah melahirkan.

Meski dari hal diatas, durian memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, efek mengonsumsinya hingga saat ini belum diketahui. Karena itu, ada baiknya Bunda berkonsultasi lebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Konsumsi Buah Durian Saat Menjalani Masa Kehamilan"

Berlangganan via Email