Aplikasi Antivirus Gratis Membuat Ponsel Anda Rentan Terhadap Peretas
Foto: jeffsblog

Aplikasi Antivirus Gratis Membuat Ponsel Anda Rentan Terhadap Peretas

Aplikasi antivirus bisa menjadi pilihan bagi pengguna Android untuk memberikan keamanan tambahan pada ponsel mereka. Namun, memilih antivirus gratis yang salah dapat membahayakan keamanan dan privasi Anda dari peretas.

Peneliti Cybernews menerbitkan analisis mereka tentang 40 aplikasi antivirus terbersih dan terbaik yang diunduh dari Google Play Store. Sebanyak 40 aplikasi telah diunduh lebih dari 918 juta kali, beberapa di antaranya telah diunduh lebih dari satu juta kali.

Akibatnya, banyak dari aplikasi antivirus ini memiliki standar keamanan dan privasi yang jauh lebih rendah daripada aplikasi antivirus desktop serupa. Banyak dari aplikasi antivirus ini menyertakan data pelacakan dan tautan ke domain yang berpotensi berbahaya.

“Berdasarkan total pemasangan, pengguna Android umumnya ingin melindungi ponsel mereka dari malware dan tertarik untuk membuat perangkat mereka aktif dan berjalan secepat mungkin dengan membersihkan file sampah dan cache,” kata Cybernews dalam sebuah posting blog.

“Pengguna yang paham secara teknis lebih cenderung mengunduh satu aplikasi untuk melakukan semua ini secara otomatis. Namun, banyak opsi gratis yang tersedia memiliki risiko tersembunyi. Praktik enkripsi dan privasi yang mencurigakan dapat menyebabkan data pengguna dilacak, dijual, atau tidak aman dikelola oleh pengembang aplikasi.

Setelah memeriksa 40 aplikasi antivirus, Cybernews memberi mereka skor 100 berdasarkan praktik keamanan mereka. Alhasil, Keep Clean Cleaner, Antivirus menjadi pilihan terbaik dengan skor 54 dari 100, sedangkan Safe Security – Antivirus, Booster, dan Phone Cleaner berada di urutan terakhir dengan skor 9 dari 100.

Tiga belas dari 40 aplikasi antivirus yang disurvei juga rentan karena praktik enkripsi yang dipertanyakan. Sementara itu, berikut ini enam aplikasi antivirus yang justru mengandung tautan yang berpotensi berbahaya dan membuat ponsel Android rentan terhadap peretas.

Baca Juga :  Cara Menghapus Data Pribadi Yang Ditampilkan Di Pencarian Google

Berikut adalah daftar 6 aplikasi antivirus dengan tautan yang berpotensi berbahaya.

  • Dr. Capsule Antivirus, Cleaner
  • GO Security – AntiVirus, AppLock, Booster
  • Virus Hunter 2021 Virus Scanner and Phone Cleaner
  • AVC Antivirus & Virus Cleaner
  • Fancy Booster – Cleaner, Antivirus & Speed Up
  • Phone Junk – Clean Master

Cybernews juga tidak dapat menganalisis dua dari 40 aplikasi antivirus karena teknik ‘obsfucation’ yang merupakan metode untuk menangkis reverse engineering. Tapi metode ini juga bisa digunakan untuk menyembunyikan sesuatu yang berbahaya, seperti malware.

Tidak Hanya itu, 38 dari 40 aplikasi yang dianalisa oleh Cybernews juga berisi data tracker. Anda dapat menggunakan pelacak data di Virtual Guard dan Super Antivirus untuk melacak data Anda.

Artikel Asli : https://inet.detik.com/security/d-6069788/awas-aplikasi-antivirus-gratisan-bikin-hp-rawan-dibobol-hacker

Leave a Reply

Your email address will not be published.